Friday, 25 October 2013

FIFA WORLD CUP 2014 : HARUSKAH ADA PERATURAN TIME OUT SAAT PERTANDINGAN..?

Olahraga.it - Kejuaran sepakbola  dunia baru akan dimulai tahun depan yaitu di Benua Amerika Selatan tepatnya negara Brazil. Pagelaran pesta sepakbola 4 tahun sekali ini, nampaknya sudah mulai terasa dari sekarang. Sejumlah negara sudah memastikan tiket ke putaran final di Brazil tahun depan.

Olahraga.it - Kejuaran sepakbola  dunia baru akan dimulai tahun depan yaitu di Benua Amerika Selatan tepatnya negara Brazil. Pagelaran pesta sepakbola 4 tahun sekali ini, nampaknya sudah mulai terasa dari sekarang. Sejumlah negara sudah memastikan tiket ke putaran final di Brazil tahun depan.

FIFA sebagai induk organisasi sepakbola dunia sekaligus penyelenggara kompetisi sudah  mulai mempersiapkan rancangan kegiatan jauh-jauh hari, tentunya dengan kerjasama dengan tuan rumah Brazil. Dari mulai stadion, transportasi suporter, penginapan tim, jadwal pertandingan, dan lain-lain.
Namun dari sekian banyak persiapan yang telah ditetapkan ada yang  harus kita soroti yaitu, mengenai jadwal pertandingan yang akan dilaksanakan selama pagelaran dilangsungkan. Bahwanya FIFA merencanakan pertandingan dilakukan pada siang hari waktu Brazil. Kalau kita melihat Brazil merupakan negara tropis tentunya suhu disana panas sama seperti di Indonesia. Bisa dibayangkan apabila pertandingan dilakukan pada tengah hari. maka para pemain akan cepat merasakan lelah terutama pemain dari tim negara-negara eropa.
Oleh karena itu muncul pertanyan. Haruskah ada peraturan time out saat pertandingan..? "tentu itu perlu" karena menghindari pemain dari dehidrasi, dengan suhu yang panas maka pemain akan cepat mengeluarkan keringat dan kelelahan.  Apabila air dalam tubuh tidak cepat diganti maka akan terjadi kekurangan cairan dan mengakibatkan ke tidak seimbangan cairan tubuh, kemungkinan akan berdampak keruskan jaringan pada tubuh si atlet itu, para pelatih eropa pun sudah mengetahui dampak dari semua ini tentunya mereka tidak ingin hal tersebut sampai terjadi.
time out sediri merupakan peraturan dimana ada jeda istirahat saat pertandingan babak pertama dan babak ke dua, ini tidak termasuk istirahat seperti biasanya dilakukan dalam sepakbola. Maka dengan ada time out, istirahat menjadi  3 (tiga) bagian tetapi ketika melakukan time out pemain tetap berada didalam lapangan dan diperbolehkan untuk minum. Sedangkan dalam istirahat antara babak pertama dan kedua para pemain diperbolehkan meninggalkan lapangan.
Penerapan time out sebenarnya sudah diperbolehkan oleh FIFA untuk negara-negara yang beriklim panas. Contoh ketika pertandingan Timnas Indonesia melawan Belanda beberapa waktu lalu, saat pertandingan dilaksanakan, berlakulah peraturan time out. Meskipun pertandingan dilaksanakan malam hari tetapi dengan suhu Jakarta yang panas, maka pemain diperbolehkan istirahat disaat babak pertama begitupun babak ke dua (Time out).

Kemudian akankah FIFA menerapkan peraturan time out disetiap pertandingan FIFA WORLD CUP 2014 (BRAZIL)..? Kita Nantikan Saja Okeyyyyyyyy 




No comments:

Post a Comment