Thursday, 7 November 2013

Berolahraga Sambil Bergaya Dengan Sepeda Fixie




       Olahraga.it-Bersepeda bukanlah hal yang asing bagi sebagian penduduk Indonesia. Pada eranya, sepeda pernah menjadi kendaraan primadona bagi warga Indonesia, bahkan sepeda adalah kendaraan yang istimewa pada waktu itu. kendaraan yang beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya ini merupakan cara alternatif bagi anda untuk berolahraga. Tidak seperti olahraga lainnya, bersepeda selain dapat menyehatkan badan, juga sering dipakai untuk sarana bersantai seperti jalan-jalan keliling sekitar rumah, atau sekedar menghirup udara segar dikala pagi atau sore hari.

        Akhir-akhir ini, bersepeda kembali menjadi tren di Indonesia. Khususnya di kalangan anak muda. Dan jenis sepeda yang tengah hangat diperbincangkan itu adalah sepeda fixie (fixed gear) yaitu jenis sepeda dengan satu kecepatan yang biasa digunakan pembalap trek di Velodrome (dikutip dari www.inilah.com ). Sepeda fixie menjadi populer karena berdesain ramping, cepat, bebas perawatan, dan tentu saja ketika perakitan model dan warnanya bisa disesuaikan dengan selera dan keinginan masing-masing. Kehadiran sepeda fixie di tengah masyarakat tentu saja menimbulkan dampak yang positif. Selain menjadi salah satu solusi untuk mengurangi dampak pencemaran udara yang terjadi di kota-kota besar, juga tentu saja kegiatan ini merupakan kegiatan yang menyehatkan tubuh. Karena terbukti manfaat dari bersepeda tiap hari adalah dapat melatih nafas kita untuk bernafas lebih panjang dibandingkan orang lain yang tidak bersepeda. Kemudian dengan bersepeda setiap hari kita dapat mengurangi berat badan sekitar 11 pounds dalam satu tahun (dikutip dari www.zonasepeda.com ). Bersepeda juga dapat membantu membentuk tubuh karena saat bersepeda gerakan yang dilakukan turut mengencangkan otot betis, paha dan daerah panggul. Bersepeda juga baik bagi kesehatan jantung dan dapat mengurangi kadar stress.
Mengendarai sepeda fixie bukanlah tanpa kesulitan. Ada beberapa tips cara mengendarai sepeda fixie yang aman khususnya saat menghentikan laju sepeda.
1.    Gunakan alat pengaman (seperti helm, pelindung sikut) ketika mengendarai sepeda.
2.    Kendarai sepeda anda di area yang aman, di jalan yang berpermukaan halus atau jalan beraspal yang terbuka dan tidak banyak kendaraan yang berlalu-lalang.
3.    Pastikan anda memiliki pedal sepeda yang bertali atau pedal clipless.
4.    Mulailah mengendarai sepeda dengan kecepatan rendah dan letakan kaki di tali pedal.
5.    Bila ingin berhenti, geser berat badan anda ke depan. Dorong pedal pada arah yang berlawanan dengan kedua kaki, dan berhati-hatilah agar tidak kehilangan keseimbangan.
6.    Terakhir, lakukan gerakan manuver berulang kali untuk melatih sensor motorik anda saat bersepeda. Saat berlatih, coba untuk secara bertahap memindahkan berat badan kebelakang saat anda tergelincir. Semakin jauh anda bersandar maka semakin cepat sepeda itu berhenti.
       Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengendarai sepeda fixie. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, anda bisa berolahraga sambil tetap bergaya di tengah-tengah kota. Selamat menggowes kawan-kawan.
Mudah-mudahan penulisan ini bermanfaaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penulisan ini, kalau mau menambahkan silahkan berkomentar saja. Masukan dari rekan-rekan sangat berarti bagi saya...Salam Olahraga...
Penulis         :  Ilman azis

No comments:

Post a Comment