Minggu, 29 September 2013

Pelatih Fisik Sepakbola Lulusan UPI


            Bicara tentang pelatih fisik sepakbola di indonesia tentu tidak terlepas dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Mengapa demikian..? karena disana terdapat fakultas pendidikan olahraga dan kesahatan (FPOK) yang mempelajarai ilmu-ilmu mengenai olahraga, selain itu terdapat juga Unit Kegiatan mahasiswa (Ukm Sepakabola) yang menjadi lab untuk para anggotanya, disini para mahasiswa belajar menata tim sepakbola yang baik dari mulai manajemen, kepelatihan, perwasitan dan banyak yang lainnya jadi jangan heran apabila sekarang ini tim-tim sepakbola indonesia banyak menggunakan jasa para Pelatih fisik lulusan UPI. Pelatih fisik sangat berperan dalam menata fisik para pemain agar tetap terjaga sepanjang kompetisi berjalan.
Data Pelatih fisik lulusan Universitas Pendidikan Indonesia yang melintang di persepakbola indonesia :
1.      DINO SEFRIANTI
Dino sefrianto lulus dari Ikip yang sekarang menjadi UPI tahun 1997, kemudian berhasil mendapat titel sarjana S1, ini menjadi titik karirnya sebagai pelatih fisik, kemudian pria asal lampung menginjakan karir sebagai asisten pelatih fisik di persitara jakarta utara sebelum akhirnya menjadi pelatih fisik propesional. Tim-tim yang pernah merasakan racikanya dalam hal fisik,  PSBL Lampung, Persijatim Jakarta, Persebaya Surabaya, Sriwijaya Fc, Persema Malang, Persipasi Bekasi, Semen Padang, serta Arema IPL (Indonesia premiere league) kemudian sekarang bersandar melatih tim besar ISL yaitu Persib bandung.




2.      YAYA SUNARYA
Yaya sunarya yang pernah melatih timnas dan banyak tim-tim lainnya, sedangkan sekarang menjadi pelatih fisik Bontang fc, yaya telah banyak menghasilkan prestasi dalam dunia sepakbola maka tak heran banyak tim yang berminat memakai jasanya.

3.      IRWANSYAH
Karirnya bermula saat menangani tim pomnas lambat laut meningkat kemudian di percaya menangani Persib yunior, lalu Persikab kabupaten bandung, Casurin fc, pelita jaya, timnas U-16 dan akhirnya almuni upi ini sekarang di percaya menjadi pelatih fisik Semen padang.

4.      EGA RAKA GALIH
Lulusan UPI tahun 2008, pria kelahiran karawang ini tergolong masih muda tapi kualitasnya dalam meracik fisik para pemain tidak usah di ragukan lagi, memulai karir kepelatiahan saat menangani tim sepakbola kampus (Ps Upi), dari situ mulai banyak tim yang mulai tertaik, pada akhirnya terbang ke lampung ini titik karinya sebagai pelatih fisik di mulai. Tim selanjutnya yang memakai jasa anak muda ini yaitu Persipasi Bekasi dari sini karirnya semakin meningkat kemudina Persija jakarta tertarik memaki jasa pria karawang ini.


5.      KARTONO PRAMDAN
Berawal saat menangani tim Persib U-21 sebagai pelatih fisik kartono berhasil membawa Persib yunior meraih gelar juara ISL U-21, setelah itu Persibaya surabaya tertarik akan kinerjanya dan bergabunglah ke tim baju ijo tersebut selama 1 musim setelah itu lelaki asal cimahi lulusan UPI pada tahun 2008 tidak terlihat lagi di liga indonesia, ini dikarenakan ingin lebih fokus melanjutkan pendidikan S2 mungkin setelah selesai tim-tim ISL akan banyak yang memakai ilmunya.


6.      ASEP SURYADI
Asep suryadi lulus dari UPI pada tahun 2011, memulai karir sebagai pelatih fisik sepakbola bermula saat menangani tim Ps Upi, kemudian terbang ke padang untuk menangani Semen Padang U-21 berkat sentuhannya semen padang yunior berhasil dibawanya menjadi juara 2 ISL U-21,  setelah itu ditawari untuk menangani tim Persipasi Bekasi yang berlaga di divisi Utama diterimalah penawaran itu. Meskipun relatif masih muda untuk sekelas pelatih tapi kinerjanya sangat baik bukan tak mungkin 2-3 tahun ke depan bisa menangani tim papan atas Indonesia.



Selain ke-6 orang di atas masih banyak lagi pelatih fisik yang berkualitas lulusan UPI  diantaranya Robi mariana (Persikasi kab.Bekasi), Aris gunawan (Bandung raya) dan banyak yang lainya........

Doc. D’har

Tidak ada komentar:

Posting Komentar