Wednesday, 30 October 2013

FORMASI DAN SEJARAH STRATEGI SEPAKBOLA



Olahraga.it - Formasi adalah “penempatan posisi pemain untuk menentukan tugas ketika bermain kemudian pembagian peran untuk pemain belakang, tengah dan depan, Agar jalanya permainan menjadi seimbang sehingga organisasi permainan berjalan dengan baik”.


Pada awal kemunculan permainan sepakbola tepatnya pada awal tahun 1860, banyak negara atau tim yang memakai strategi yang belum sempurna, karena hanya mengedepankan bagaimana bisa menciptakan gol secepat-cepatnya, ini sangat terlihat dari formasi yang digunakan, banyak pemain yang mengisi pos penyerangan saja.

Formasi 2-3-5



Pola menyerang pada tahun 1883 formasi awal terciptanya permainan sepakbola : formasi ini hanya mengguakan dua back atau pemain belakang yang bermaian diposisi jantung pertahanan kemudian pemain sayap bermaian lebih ke dalam, tugasnya untuk membantuk menusuk jantung pertahanan lawan dan membantu menjaga pemain sayap lawan.

Formasi 3-4-3

Formasi 3-4-3 tercipta pada tahun 1925 : formasi ini mulai sektor penyerangan dikurangi pemainnya, kemudian lebih ditarik ke daerah gelandang jadi pemain gelandang sebisa mungkin dapat membantu pertahanan dan penyerang, kemudian pemain belakang ditambah menjadi dua pemain. Pada dasarnya sepakbola pada masa ini permainannya cenderung menumpuk, dimana ada bola pasti disana banyak pemain yang berkumpul.

Formasi 4-6-1
Formasi ini dikenal dengan Cattenacio mulai diperkenalkan pada tahun 1940 yaitu oleh negara Swiss Karl Rappan, pada formasi ini penempatan posisi pemain mulai seimbang disemua lini dari mulai pertahanan, tengah, dan penyerangan. Pada masa inilah mulai dikenal libero dan stopper yaitu pemain belakang diisi dua pemain berposisi stopper satu orang menjadi libero, formasi ini merupakan pola pertahanan yang sangat ketat karena bisa ada sampai 5 orang pemain disektor belakang dan sering dikatakan formasi sepakbola negatif karena cenderung membosankan.

Formasi 4-2-4

Formasi ini mulai diterapkan oleh para pemain Brazil sekitar tahun 1958, formasi ini di isi 4 pemain belakang, 2 pemain gelandang, 2 pemain sayap dan 2 pemain penyerang. Pola ini merupakan yang sangat terkenal pada masakan terbukti dengan berjayanya timnas Brazil.

Formasi Total Football

Formasi Total Fooball diperkenalkan oleh tim Belanda pada tahun 1970 disinilah mulai perkembangan pola permainan menjadi lebih atraktif, dikarenakan semua pemain bisa menempati posisi apa saja tidak terpaku satu posisi saja. Selain indah formasi Total Football penuh dengan resiko karena dalam pola ini para pemain dituntut mempunyai fisik yang bagus, bahkan pemain belakang bisa bulak-balik mmbatu penyerangan kemudian harus cepat kembali membantu pertahanan. Seiring dengan perkembangan zaman banyak variasi formasi yang bermunculan silahkan lihat Formasi Sepakbola.



No comments:

Post a Comment