Selasa, 15 Oktober 2013

SEJARAH SEPAKBOLA KUNO

Olahraga.it - Bicara tentang sejarah berarti sangat erat kaitannya dengan kehidupan zaman dulu. Sejarah sepakbola dimuka bumi ini sangatlah beragam, mengapa demikian ? dikarenakan tidak ada bukti tertulis atau media yang mendokumentasikan seperti zaman sekarang. Oleh karena itu sangatlah beragam pernyatan tentang sejarah sepakbola, dan tidak ada yang

Olahraga.it - Bicara tentang sejarah berarti sangat erat kaitannya dengan kehidupan zaman dulu. Sejarah sepakbola dimuka bumi ini sangatlah beragam, mengapa demikian ? dikarenakan tidak ada bukti tertulis atau media yang mendokumentasikan seperti zaman sekarang. Oleh karena itu sangatlah beragam pernyatan tentang sejarah sepakbola, dan tidak ada yang  mengsepakati bahwa sepakbola pertama itu muncul di negara tertentu. Akan tetapi ada cikal bakal terjadinya permainan sepakbola dari waktu ke waktu diantaranya :
mengsepakati bahwa sepakbola pertama itu muncul di negara tertentu. Akan tetapi ada cikal bakal terjadinya permainan sepakbola dari waktu ke waktu diantaranya :

  •       Cina Kuno pada tahun 2500 SM, terdapat permainan yang mengarah ke arah sepakbola, bolanya terbentuk dari kulit binatang ini disebut dengan Tsu Chu ini dilakukan untuk memperingati lahirnya jabang bayi. 
  •               Mesir Kuno pada tahun 2500 SM, ada suatu permainan yang mirip pemainan sepakbola  yaitu untuk meminta kesuburan tanah dan kesehjatraan.
  •         Inggris pada tahun 100-500 M,  para tentara inggris merayakan kemenangan dalam peperangan dengan cara menendang-nendang tengkorak kepala musuh dengan semangat.
  •      Italy pada tahun 200 M, telah ada permainan yang menyerupai sepakbola yaitu “Harpastrum” kemudian orang-orang Italy memperkenalkannnya ke orang-orang Britania Muda.
  •      Inggris bangsa Britania Muda pada tahun 217 M, mereka mengatakan bahwanya mereka telah memainkan permainan yang hampir sama seperti sepakbola, bola memakai tengkorak dan bangsa yang menang berak untuk meminta kebebasan bangsanya dari tahanan atau sandra. 
  •     Meksiko dan Amerika pada tahun 600-1600 tercipta bola yang terbuat dari karet, dengan cara memainkan menendang bola ke arah tembok yang sudah di beri tanda.
  •       Inggris pada tahun 1100 M mulai ada prmainan yang mengarah ke sepakbola ini menjadi permainan rakyat tetapi belum ada aturan untuk permainan tersebut. akan tetapi pada tahun 1314 M raja Inggris EDWARD III melarang permainan tersebut karena bertentangan dengan seni memanah.   
  •             Italy pada tahun 1500 M disini mulai tumbuh pemain seperti sepakbola yang menggunakan aturan yaitu setiap klub terdiri dari 27 orang, kemudian ada aturan menendang, dan terciptanya gol dengan cara menggiring bola sampai garis batas musuh. Lalu pada tahun 1580 Giovanni Bardi menciptakan peraturan permainan calcio atau sepakbola.
  •      Pulau Pacifik  pada tahun 1600 M rakyatnya mengembangkan suatu permainan dengan mengegunakan buah kelapa, jeruk, dan kantung kencing babi sebagai bolanya. 
  •       Alaska dan Kanada pada tahun 1600 M penduduknya memainkan permainan sepakbola di kenal dengan “Aqsaqtuk” sepakbola es. Sedangkan bolanya terbuat dari rumput, rambut kijang caribou, atau lumut yang diikat berbentuk bulat. 
  •         Inggris pada tahun 1680 M kembali memainkan permainan sepakbola dengan perlindungan dari raja Charles II setelah sebelumnya dilarang. 
  •       Amerika Serikat pada tahun 1822 M sepakbola mulai dimainkan oleh para mahasiswa diberbagai Universitas yang ada.
Ini perjalan sejarah sepakbola kuno, jadi berbagai bangsa sudah menciptakan permainan yang hampir menyerupai sepakbola yang sekarang kita liat, dari mulai boalnya menggunakan tengkorak kepala,  sampai buah-buahan. Dari mulai bangsa Cina dan Mesir kuno sampai Amerika serikat, dari tahun 2500 sebelum masehi sampai 1822 masehi terlihatlah cikal bakal terjadinya pemainan sepakbola kuno mengapa dibilang kuno..?  karena belum ada satu negara atau bangsa yang membentuk organisasi  atau mengatur sepakbola dengan terstuktur.
Sekian pembahasan yang dapat saya sampaikan tentang sejarah sepakbola kuno nantiakan pembahasan selanjutnya tentang sejarah sepakbola modern, mohon maaf bila ada kekeliruan apabila yang mau mengkoreksi atau menambahkan silahkan berkomentar saja..
Sumber : Modul pelatihan cabang olahraga sepakbola 2008 (Drs.lingling. dkk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar