Sabtu, 28 September 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (SEPAKBOLA)



Materi                     : Passing
Kategori                 : SMA
Pertemuan            : 1kali pertemuan
Alokasi waktu       : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi
Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**)   

Indikator
                   I.            Kognitif
·         Siswa dapat memahami dan menjelaskan definisi passing dalam permainan sepak bola.
                 II.            Afektif  (mengembangkan perilaku sosial dan berkarakter)
·         Siswa mampu berbagi peralatan, semangat, bertanggung jawab, disiplin, dan memiliki sikap sportivitas yang tinggi.
               III.            Psikomotor
·         Siswa dapat melakukan teknik short pass dan ball control dalam permaianan sepak bola dengan benar.
·         Bermain sepak bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

A.      Tujuan pembelajaran
I.                    Kognitif
·         Siswa dapat memahami dan menjelaskan definisi short passing dalam permainan sepak bola.
II.                  Afektif  (mengembangkan perilaku sosial dan berkarakter)
·         Siswa mampu berbagi peralatan, semangat, bertanggung jawab, disiplin, dan memiliki sikap sportivitas yang tinggi.
III.                Psikomotor
·         Siswa dapat melakukan teknik short pass dan ball control dalam permaianan sepak bola dengan benar.
·         Bermain sepak bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

B.Materi Pembelajaran
Permainan Sepaknola
1)      Teknik dasar passing ( short pass ) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan jarak yang bervariasi.
2)      Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

C.Metode Pembelajaran
1)      Demontrasi
2)      Inclusif ( cakupan )
3)      Bagian dan keseluruhan ( Part and whole )
4)      Permainan ( game )
5)      Saling menilai sesama teman

D.Langka- langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.Kegiatan pendahuluan ( 15 menit )
a)      Berbaris, berdoa, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
b)      Pemanasan secara umum ( peregangan statis dan dinamis )
c)       Pemanasan dengan permainan
2.Kegiatan inti ( 60 menit )
a)      Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar passing ( short pass ) dan bergerak meminta bola secara berpasangan, dengan jarak yang bervariasi
b)      Melakukan latihan teknik dasar passing ( short pass ), dan bergerak meminta bola secara berkelompok ( formasi segi empat ) dengan kordinasi yang baik.
c)       Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar passing ( short pass ), dan bergerak meminta bola dengan berkelompok secara acak yang dilakukan bersama-sama di dalam sebuah kotak sebagai pembatas dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan 2 sentuhan tanpa bola keluar dari pembatas.
d)      Melakukan latihan teknik dasar passing ( short pass ) dan bergerak meminta bola dengan berkelompok secara acak yang dilakukan bersama-sama di dalam sebuah kotak yang diiperbesar jaraknya sebagai pembatas dengan menggunakan kakibagian dalam dengan 2 sentuhan tanpa bola keluar dari pembatas .
e)      Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar passing ( short pass ) dan bergerak meminta bola dengan berkelompok secara acak yang dilakukan bersama sama di dalam  sebuah koak sebagai pembatas dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan satu sentuhan tanpa bola keluar dari pembatas.
f)       Melakukan latihan teknik dasar passing ( short pass ) dan bergerak meminta bola dengan berkelompok secara acak yang dilakukan bersama sama di dalam  sebuah koak sebagai pembatas dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan satu sentuhan tanpa bola keluar dari pembatas
g)      Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok ( jumlah pemian, lapangan permainan, gawang, dan peraturan permainan dimodifikasi )
E. PENUTUP
·         Pendinginan
·         Baris, absen, doa
·         Membubarkan siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar