Thursday, 10 April 2014

Peraturan Permainan Sepakbola ( Laws Of The Game )


Olahraga.it – Dalam sebuah pertandingan atau permainan tentunya ada peraturan yang harus ditaati atau dijalankan, begitu juga dalam permainan sepakbola. Mengapa peraturan dibuat.?, supaya tidak ada salah satu pihak yang dirugikan selain itu agar permainan tertata dengan baik. Okey dalam kesempatan ini saya akan membahas tentang Peraturan Permainan Sepakbola ( Laws Of The Game). Namun sebelumnya apakah kalian sudah tau tentang sepakbola.! Bagi yang belum silahkan baca dulu Makekat Permainan Sepakbola.
Olahraga.it – Dalam sebuah pertandingan atau permainan tentunya ada peraturan yang ditaati atau dijalankan, begitu juga dalam permainan sepakbola. Mengapa peraturan dibuat..!, supaya tidak ada salah satu pihak yang dirugian selain itu agar permainan tertata dengan baik. Okey dalam kesempatan ini saya akan membahas tentang Peraturan Permainan Sepakbola ( Laws Of The Game). Namun sebelumnya apakah kalian sudah tau tentang sepakbola.! Bagi yang belum silahkan baca dulu Makekat Permainan Sepakbola.
Peraturan permainan adalah suatu aturan yang mengatur jalannya sebuah permainan atau pertandingan agar tercipta rasa adil, tidak ada satu pihak yang merasa dirugikan, dan supanya jalannya permainan atau pertandingan lebih teratur. Dalam sepakbola yang membuat kebijakan untuk membuat peraturan permainan sepakbola yaitu FIFA (Federation Internationale De Football Association) dalam bukunya yaitu Laws Of The Game (FIFA 2008:4). Peraturan yang ada dalam laws of the game sifatnya baku dan tidak dapat dirubah oleh pihak manapun dan hanya FIFA sendiri yang dapat merubahnya. Apakah peraturan permainan sepakbola hanya begitu saja.! “Tidak”. Karena FIFA selalu mengevaluasi dalam setiap pertandingan, kemudian menambahkan atau menghapus peraturan-peraturan agar permainan sepakbola menjadi lebih menarik.
 
Dalam peraturan permainan sepakbola terdapat 17 pasal yang mengatur jalannya suatu permainan sepakbola. Pasal 1 – 6 menjelaskan tentang perlengkapan, pasal 7 – 17 menjelaskan tentang aplikasi dilapangan. Penjelasannya menurut laws of the game (FIFA 2008:4) adalah sebagai berikut:

Pasal 1 ( Lapangan Permainan)

Lapangan permainan sepakbola harus berbentuk empat persegi panjang dan di tandai dengan garis-garis. Garis samping harus lebih panjang dari garis gawang. Lapangan sepakbola berukuran international memiliki panjang lapangan 100 – 110 meter, dan lebar lapangan 64-75 meter.

Lapangan sepakbola ditandai dengan garis-garis yang berukuran tidak lebih dari 12 cm. Lapangan permainan dibagi 2 bagian oleh sebuah garis tengah yang memiliki lingkaran tengah yang berukuran 9,15 meter. Lapangan sepakbola harus memiliki daerah gawang yang berukuran 5,5 meter dan daerah penalti yang berukuran 16,5 meter, dengan memiliki titik penalti yang berjarak 11 meter dari garis gawang.

Pasal 2 ( Bola )

Bola yang digunakan harus berbentuk bundar/bulat, terbuat dari kulit atau bahan lain yang sesuai, Lingkaran tidak lebih dari 70 cm dan tidak kurang dari 68 cm, mempunyai berat 410-450 gram dan tekanan udara 0,6-1,1 atm.

Pasal 3 ( Jumlah Pemain )

Suatu permainan sepakbola dimainkan oleh 2 tim, masing-masing tim paling banyak terdiri dari 11 pemain dan satu diantaranya menjasi penjaga gawang. Suatu pertandingan tidak boleh dimulai apabila pemain dari salah satu tim kurang dari 7 orang.

Pasal 4 ( Perlengkapan Pemain )

Perlengkapan dasar/utama yang wajib dipakai oleh seorang pemain terdiri dari: baju kaos atau kemeja olahraga, celana pendek, kaos kaki, pelindung tulang kering pada kaki, dan sepatu. Dengan catatan, dalam satu tim warna kaos harus sama dan penjaga gawang memakai warna kaos yang berbeda dengan pemain yang lainnya.

Pasal 5 ( Wasit )

Setiap pertandingan sepakbola dipimpin oleh seorang wasit yang wewenangnya mutlak dalam menegakan peraturan permainan pada pertandingan dimana ia ditugaskan.Keputusan mengenai fakta-fakta yang berkaitan dengan permainan, termasuk ada atau tidaknya sebuah gol dijaringkan dan hasil suatu pertandingan adalah final.

Pasal 6 ( Asisten Wasit )

Setiap pertandingan sepakbola, wasit dibantu oleh 2 orang asisten wasit, yang bertugas untuk mengawasi (mengamati) jalannya suatu pertandingan sesuai dengan peraturan permainan.

Pasal 7 ( Lamanya Pertandingan )

Pertandingan sepakbola berlangsung selama dua babak, setiap babaknya memiliki waaktu 45 menit, dengan waktu istirahat 15 menit disetiap babak.

Pasal 8
( Memulai dan Memulai Kembali Permainan )
Kick Off  adalah suatu cara untuk memulai permainan. kick off  juga dilakukan apabila terjadinya gol, dan pada permulaan babak kedua.

Pasal 9 ( Bola di Dalam dan Diluar Pertandingan )

Bola berada diluar permainan apabila: bola sepenuhnya melewati garis gawang atau garis samping baik berada di tanah atau di udara, dan apabila permainan dihentikan oleh wasit. Bola dikatakan dalam permainan apabila bola tidak keluar lapangan.

Pasal 10 ( Cara Mencetak Gol )

Di dalam permainan sepakbola Gol tercipta bila bola sepenuhnya melewati garis gawang, diantara kedua tiang gawang dan di bawah mistar gawang, asalkan sebelum itu tidak terjadi pelanggaran terhadap peraturan permainan yang dilakukan oleh tim yang memasukan gol.

Pasal 11 ( Offsaid )

Di dalam permainan sepakbola, bila seorang pemain berada pada posisi ofsaid itu bukan merupakan suatu pelanggaran. Seorang pemain berada pada posisi ofsaid jika pemain tersebut berada lebih dekat ke garis gawang lawan dari pada bola dan pemain lawan yang kedua terakhir. Seorang pemain dikatakan tidak berada dalam posisi ofsaid, jika dia berada pada daerah permainannya sendiri atau dia sejajar dengan pemain lawan yang kedua terakhir. Dan tidak dikatakan ofsaid apabila pemain tersebut menerima bola dari tendangan gawang lemparan ke dalam dan tendangan sudut.

Pasal 12 ( Pelanggaran Dan Kelakuan Tidak Sopan)

Dalam pelanggaran terdapat dua bentuk, yaitu pelanggaran langsung dan pelanggaran tidak langsung.

Tendangan bebas langsung diberikan kepada tim lawan jika seorang pemain melakukan tindakan pelanggaran seperti menendang atau mencoba menendang lawan, menjegal atau mencoba menjegal lawan, melompat kearah lawan, menabrak lawan, memukul atau mencoba memukul lawan, mendorong lawan, mentackle atau menyerang lawan, menahan atau memegang lawan, meludahi lawan, dan memegang bola dengan sengaja ( kecuali bagi penjaga gawang dalam daerah pinaltinya sendiri ).
Tendangan bebas tidak langsung diberikan pada tim lawan apabila penjaga gawang mengambil waktu lebih dari 6 detik ketika menguasai bola di tangannya, menyentuh bola kembali dengan tangannya setelah dilepaskan dari penguasaannya dan bola tidak disentuh / menyentuh pemain lain, menerima dengan tangannya ketika teman satu tim sengaja menendang bola kepadanya, dan menerima bola dengan tangannya dari lemparan kedalam dari teman satu timnya. Dan untuk pemain lainnya adalah, bila bermain dengan cara yang berbahaya, menghalangi/merintangi pergerakan lawan, dan menghalangi penjaga gawang untuk melepaskan bola dari tangannya.

Dalam pelanggaran, seorang pemain bisa diberi peringatan oleh wasit dengan menunjukan kartu kuning, apabila berkelakuan tidak sportif, menolak dengan perkataan atau tindakan, terus menerus melanggar peraturan permainan, memperlambat jalannya permainan, tidak ada pada jarak semestinya dalam pemagaran tendangan bebas, masuk atau masuk kembali ke lapangan tanpa izin wasit, dan sengaja meninggalkan lapangan permainan tanpa seizin wasit.

Selain di beri kartu kuning, seorang pemain bisa diberi kartu merah apabila : bersalah karena bermain sangat kasar, berkelakuan jahat,  meludahi pemain lawan atau orang lain, menggagalkan gol yang dibuat oleh tim lawan atau menggagalkan peluang terciptanya gol dengan sengaja, menggagalkan peluang terciptanya gol oleh pemain lawan yang bergerak ke arah gawang pemain tersebut, melalui suatu pelanggaran yang dapat dihukum dengan tendangan bebes atau tendangan penalti, menggunkan kata-kata atau isyarat yang menghina, melecehkan, atau kasar, menerima peringatan kedua dalam pertandingan yang sama.

Pasal 13 ( Tendangan Bebas )

Tendangan bebas terbagi 2 yaitu tendangan bebas langsung dan tendangan bebas tidak langsung.

Tendangan bebas langsung, gol dapat tercipta dari tendangan bebas langsung. Jika bola pada tendangan bebas langsung ditendang langsung masuk kedalam gawang sendiri, tendangan sudut diberikan kepada tim lawan.

Tendangan bebas tidak langsung, gol tidak dapat tercipta langsung dari tendangan bebas tidak langsung. Setiap tendangan bebas tidak langsung, wasit memberikan isyarat dengan mengangkat salah satu tangannya di atas kepala.

Pasal 14 ( Tendangan pinalti )

Sebuah tendangan pinalti dijatuhkan terhadap tim yang melakukan salah satu dari sepuluh pelanggaran yang dihukum dengan tendangan bebas langsung, dan pelanggaran tersebut dilakukan di dalam daerah pinaltinya sendiri pada saat bola masih dalam permainan.

Pasal 15 ( Lemparan ke Dalam )

Lemparan ke dalam adalah suatu cara untuk memulai kembali permainan. Lemparan ke dalam diberikan kepada lawan dari pemain yang terakhir menyentuh bola ketika seluruh bagian bola melewati garis samping, baik menggelinding di tanah maupun melayang di udara. Sebuah gol tidak dapat langsung dihasilkan dari suatu lemparan ke dalam. Prosedur lemparan ke dalam adalah sebagai berikut : menghadap ke lapangan permainan, sebagian dari kakinya berada di atas garis samping atau di luar garis samping, memegang bola dengan kedua belah tangan, melemparkan bola dari belakang melalui atas kepala.

Pasal 16 ( Tendangan Gawang )

Tendangan gawang adalah suatu cara untuk memulai kembali permainan. Tendangan gawang diberikan ketika seluruh bagian bola melewati garis gawang, baik menggelinding di tanah maupun melayang di udara. Sebuah gol yang tercipta dari tendangan gawang langsung ke gawang lawan dinyatakan syah.

Pasal 17 ( Tendangan Sudut )

Tendangan sudut adalah suatu cara untuk memulai kembali permainan. Tendangan sudut diberikan ketika seluruh bagian bola melewati garis gawang, baik menggelinding di tanah maupun melayang di udara. Sebuah gol yang tercipta dari tendangan sudut langsung ke gawang lawan dinyatakan sah.

Semua peraturan permainan sepakbola merupakan suatu yang sangat mengikat untuk berjalannya suatu pertandingan di dalam suatu kompetisi sepakbola, dan tidak dapat dirubah dengan semena-mena kecuali oleh pihak yang lebih berwenang yaitu FIFA.

Alangkah indahnya apabila semua komponen sepakbola dari mulai pemain, pelatih, manajemen, suporter, wasit sampai pengamat sepakbola, mengetahui dan mentaati peraturan yang sudah dibuat. Mudah-mudan dengan mengetahui Peraturan Permainan Sepakbola ( Laws Of The Game ) sepakbola akan lebih baik khusnya di Indonesia.

10 comments:

  1. Pasal2nya lengkap juga yahh, thanks jadi lebih tau nih tentang sepak bola...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kang....kan berbagi itu indah.heee

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. lengkap banget. izin copy untuk makalah

    ReplyDelete
  4. Makasih gan infonya, jadi tambah ilmu nih. hehe

    ReplyDelete
  5. AYOO SERBUU GAN MUMPUNG GRATIS DAN MURAH
    ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
    Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
    Bonus 10% All Games Bolavada || Bonus Cashback 10% All Games Bolavada, Kecuali Poker

    ||
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!! Registrasi Sekarang dan

    Rasakan Sensasi nya!!! ONLY ON : BOLAVADA(dot)com
    BBM : D89CC515

    bandar judi online
    agen bola terpercaya
    ayam bangkok

    https://goo.gl/lERILJ
    https://goo.gl/kbkvXv
    https://goo.gl/JB5DSD

    ReplyDelete