Saturday, 12 October 2013

KUNCI SUKSES TIMNAS INDONESIA USIA 19

Ada yang menarik dalam sekapbola indonesia yaitu mengenai timnas U-19. Mengapa demikian? Karena pencapaiannya yang sangat membanggakan, setelah menjuarai kejuaran AFF U-19 beberapa waktu yang lalu. Kemudian pencapaian yang sangat baik itu berlanjut kepada kualifikasi piala AFC U-19, dua pertandingan awal pejuang sepakbola indonesia berhasil meraih kemenangan yang telak setelah mengandaskan laos dan Filipina. Untuk memuliskan jalan ke putaran berikutnya Indonesia harus menang menghadapi tim korsel, mudah-mudahan timnas Indonesia U-19 bisa menang.
Kemudian banyak orang yang bertanya. Kunci sukses timnas Indonesia U-19 apa sih? Ada yang bilang karena teknik dasar bermain sepakbola yang sangat bagus, lalu karena pelatihnya yang hebat, ada juga yang bilang karena daya tahan tubunya kuat atau Vo2Max yang sangat tinggi. Apakah semua itu benar? Ya bisa dibilang itu merupakan salah satu kunci sukses garuda muda. Namun menurut saya yang paling menentukan dalam kunci sukses timnas Indonesia usia 19 adalah mental para pemain yang sangat baik. Mengapa demkian dikarenakan dalam kejuaran kelompok usia teknik,fisik, dan taktik semua tim mempunyai kemampuan yang sama dalam kata lain merata.
Mental para pemain U-19 Indonesia lebih unggul dibanding negara-negara lain sehingga indonesia bisa melangkah jauh dan berhasil mengalahkan lawan-lawannya. Ada pun faktor yang mempengaruhi mental bertanding garuda muda diantaranya :
1.       Banyaknya  pemain yang berlatih di Uruguay atau program SAD
2.       Adanya pemain yang sudah berlaga dikancah ISL
3.       Faktor tuan rumah
Itulah 3 faktor yang mempengaruhi mental bertanding para pemain timnas U-19  menjadi baik. Dengan mental bertanding yang baik maka kemampuan teknik, fisik, dan taktik akan berjalan dengan sempurna, karena yang paling berpengaruh saat pertandingan sepakbola yaitu mental. Jadi menurut saya kunci sukses timnas Indonesia U-19 adalah mental bertanding yang sangat baik.
Mungkin itu saja sepenggal cerita yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada banyak kekurangan dalam penulisan ini. Akhir kata saya ucapkan : KU YAKIN HARI INI PASTI MENANG..............FORZA INDONESIA

No comments:

Post a Comment