Saturday, 26 October 2013

PENGERTIAN OLAHRAGA



Olahraga.it – Kita akan melihat dulu penjelasan dari beberapa ahli. UNESCO menyatakan bahwa “setiap aktivitas tubuh berupa permainan yang berisikan perjuangan melawan unsur-unsur alam, ataupun diri kita sendiri”. Lebih lanjut Abdul Kadir Ateng (1993) menjelaskan bahwa “ciri-ciri hakiki olahraga adalah: (1) aktivitas fisik, (2) permainan, (3) pertandingan. Ketiganya dipayungi semangat fair play/sportif. Ada juga Menpora RI menjelaskan bahwa “ olahraga adalah bentuk-bentuk kegiatan jasmani yang intensif dalam rangka memperoleh rekreasi, kemenangan dan prestasi optimal (MENPORA RI)
Dari penjelasan diatas Olahraga dapat di artikan “suatu aktifitas gerak fisik yang melibatkan beberapa organ dan struktur tubuh untuk meningkatkan kualitas hidup”. Yang tadinya tidak sehat menjadi sehat, yang tadinya sehat menjadi lebih sehat. Selain itu dengan berolahraga gerak tubuh kita akan bisa berfungsi maksimal sesuai dengan kebutuhannya, tentunya dengan catatan dilakukan dengan baik dan benar. Selain itu Sejarah Olahraga pun sangat panjang.
Di dunia ini banyak manusia yang terlibat dalam kegiatan olahraga, tak ada satu negara/bangsa yang tidak mengenal olahraga, menjadikan olahraga sebagai kebutuhan hidup manusia yang harus terpenuhi. Dari mulai menjadi atlet, suporter, pelatih, dan banyak lainya, olahraga juga semakin berkembang dengan banyak bentuk atau jenis-jenis olaharga yang bermunculan.
Ditinjau dari tujuannya, pengertian olahraga dapat digolongkan beberapa katagori :
Selain itu Olahraga sekarang berkembang menjadi mesin penghasil uang yang sangat besar, dengan bukti banyak perusahaan yang menjadiakan/memproduksi alat-alat dan sarana yang mengasilkan uang. Bahkan olahraga dijadikan lahan pekerjan oleh atlet, dengan bayaran yang menggiurkan.

 


No comments:

Post a Comment