Rabu, 09 April 2014

Pengertian Dribbling Dalam Sepak Bola

Haryadideni.blogspot- Salah satu teknik dasar yang memiliki kedudukan penting dalam permainan sepakbola adalah teknik dribbling pada dasarnya menggiring bola dengan kaki. Banyak pemain sepakbola yang mempunyai kemampuan dribbling di atas rata-rata. Bahkan dengan kemampuan dribbling yang sangat bagus mereka menjadi lebih mudah melewati lawan saat membawa bola. Dalam kesempatan ini saya akan membahas mengenai pengertian dribbling dalam sepak bola. Sebelumnya saya sudah sedikit membahas mengenai dribibling dalam artikel teknik dasar pemainan sepakbola silahkan buka dan baca dulu supaya sahabat lebih memahami. Namun kali ini saya akan menerangkan secara jelas mengenai dribbling dengan reverensi dari beberapa ahli. Okey kita langsung saja ke pembahasan.

Olahraga.it - Salah satu teknik dasar yang memiliki kedudukan penting dalam permainan sepakbola adalah teknik dribbling pada dasarnya menggiring bola dengan kaki. Banyak pemain sepakbola yang mempunyai kemampuan dribbling di atas rata-rata. Bahkan dengan kemampuan dribbling yang sangat bagus mereka menjadi lebih mudah melewati lawan saat membawa bola. Dalam kesempatan ini saya akan membahas mengenai pengertian dribbling dalam sepak bola. Sebelumnya saya sudah sedikit membahas mengenai dribbling dalam artikel teknik dasar pemainan sepakbola silahkan buka dan baca dulu supaya sahabat lebih memahami. Namun kali ini saya akan menerangkan secara jelas mengenai dribbling dengan reverensi dari beberapa ahli. Okey kita langsung saja ke pembahasan.



Mengenai dribbling menurut Sucipto (1999:28) menyatakan bahwa : “menggiring bola adalah menendang terputus-putus atau plan-pelan”. Dari pendapat tersebut kita bisa mengetahui bahwa menggiring bola (dribbling) adalah suatu upaya mendorong bola secara terputus-putus dengan posisi bola tidak jauh dari kaki kita sambil berlari untuk mencapai tujuan tertentu dalam permainan sepakbola.

Lux Bucher yang di kutip Wibawa (1997) dalam buku Lingling (2008:51) menjelaskan : “Tujuan dribbling adalah untuk mempertahankan bola saat berlari melintasi lawan atau maju ke ruang terbuka”. Dalam melakukan teknik dribbling terbagi dalam beberapa bentuk gerakan, berdasarkan perkenaan kaki dengan bola.

Dribbling salah satu keterampilan individu yang mesti dikuasai oleh setiap pemain sepakbola. Karena sangat erat hubungannya dengan penguasaan bola dilapangan, karena bola harus selalu berada dalam penguasaan kita. Menggiring bola harus mampu dilakukan baik tanpa lawan maupun melewati lawan dengan berbagai teknik penguasaan bola. 
Teknik dasar dribbling  dibagi beberapa bentuk. Ada dribbling menggunakan kaki bagian luar, ada dribbling dengan menggunakan kaki bagian dalam, ada pula dribbling menggunakan kaki bagian punggung kaki. Dalam buku dasar-dasar sepakbola Mielke (2003:2-6) menjelaskan tentang macam-macam
dribbling, yaitu
        >>>Dribbling dengan menggunakan sisi kaki bagian dalam
Sentuhlah bola dengan sisi kaki bagian dalam dan posisikan kakimu secara tegak lurus terhadap bola. Tendanglah dengan pelan untuk mempertahankan kontrol bola dan pusatkan kekuatan tendangan pada bagian tengah bola sehingga memudakan mengontrol bola.

 >>Dribbling dengan sisi kaki bagian luar

Dribbling dengan kaki bagian luar dalah salah satu cara untuk mengontrol bola. Keterampilan mengontrol bola ini digunakan ketika pemain yang menguasai bola sedang berlari dan mendorong bola sehingga bis memperahankan bola dengan tersebut tetap berada di sisi luar kaki.
>>>Dribbling menggunakan kura-kura kaki Kura-kura 
kaki bagian sepatu tempat tali sepatu berada, bisa memberikan dan mengontrol.kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemula adalah menggunakan ujung jari kaki.

Kita masih ingat bagaimana Maradona menggiring bola dari tengah lapangan sektor pertahaanan kanan dengan menaklukan 6 pemain tengah dan penjaga gawang dan berhasil menciptakan gol ke gawang Inggris dan pertandingan Piala Dunia Mexico tahun 1986. Mardona telah membuktikan bahwa menggiring bola sangat penting dikuasai oleh setiap pemain sepakbola. Nah itulah pembahasan mengenai Pengertian Dribbling dalam Sepak Bola, jangan lupa mampir lagi di blog ini karena akan banyak pembahasan mengenai Olahraga khususnya Olahraga Sepakbola.







2 komentar:

  1. Promo Bonus Terbesar:
    - Bonus New Member 10%
    - Bonus Deposit Harian Rp.5.000,- (1x Sehari)
    - Bonus Cashback 10% ( Tembak Ikan & Live Casino )
    - Bonus Cashback Sportbook Up to 5%
    - Bonus Rollingan Slot Game 0.5% ( Tanpa Batas )
    Yuk Gabung Sekarang Juga Di Unyil4d Banyak Promo Dan Bonus nya loh ^^
    ada bonus NEW MEMBER 10%
    Dan Lain Lain ^^ Duduk Main Game Dapet Duit Yuk Gabung Di WWW.UNYIL4D.COM

    BalasHapus
  2. SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya
    Website SahabatQQ
    WA 1 : +6281210795428
    WA 2 : +855889110527
    LINE : SAHABATQQWIN
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    Agen Domino99

    BalasHapus