Friday, 18 October 2013

SEJARAH SEPAKBOLA MODERN



Salam olahraga..
Olahraga.it - Sebelum saya membahas sejarah sepakbola modern alangkah baiknya rekan sekalian baca dulu tulisan tentang sejarah sepakbola kuno. Dikarenakan tulisan ini lanjutan dari sejarahsepakbola kuno.
Olahraga.it - Bicara tentang sejarah berarti sangat erat kaitannya dengan kehidupan zaman dulu. Sejarah sepakbola dimuka bumi ini sangatlah beragam, mengapa demikian ? dikarenakan tidak ada bukti tertulis atau media yang mendokumentasikan seperti zaman sekarang. Oleh karena itu sangatlah beragam pernyatan tentang sejarah sepakbola, dan tidak ada yang  mengsepakati bahwa sepakbola pertama itu muncul di negara tertentu. Akan tetapi ada cikal bakal terjadinya permainan sepakbola dari waktu ke waktu diantaranya :
Okey kita langsung saja ke pembahasan sejarah sepakbola modern. Kita sebagai pelaku atau pun pencinta sepakbola alangkah lebih afdhol apabila mengetahui tentang sejarah sepakbola, bukankah begitu.....?

Sepakbola modern terjadi pada tahun 1830 M yaitu di Inggris. Tepatnya pada tahun 1848 dirancanglah aturan sepakbola. Kemudian Inggris membentuk persatuan sepakbola dan ini menjadikan yang pertamna didunia, yang kita kenal sekarang  FA.
Delapan tahun kemudian SHEFFIELD FA pada tahun 1872 resmi mengadakan kompetisi regional yang diikuti klub yang ada di Britania Raya. Selang setahun tepatnya 1872 diadakan pertandingan antara Inggris lawan Scotlandia ditanah Britania Raya ini menjadikan pertandingan Internasional pertama yang ada dimuka bumi.
Dikarenakan banyak aturan-aturan yang belum jelas dalam bermain sepakbola, akhirnya empat asosiasi  sepakbola Britania sepakat membentuk kesamaan dalam memainkan si kulit bundar tersebut. Setelah kesepakatan tersebut olahraga sepakbola semakin berkembang pesat diwilayah Ratu Elizabet. Berampak juga pada negara-negara eropa dan Amerika terbukti dengan adanya pertandingan diluar inggris antara Amerika Serikat lawan Canada.
Seperti jamur di musim hujan sepakbola semakin merambah beberapa negara. Perlahan tapi pasti Profesioanalisme mulai diperkenalkan,  pertandingan sepakbola juga sudah dipimpin wasit, dan juga dikenalkan tendanga hukuman tepatnya Pada tahun 1888 M.
Pada tahun 1904 mulai terlihat betapa berkembangnya sepakbola diberbagai negara dengan terbentuknya Organisasi sepakbola dunia atau yang kita kenal FIFA (Federation International de Football Association) yang diikuti Perancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Swiss. Dengan terbentuknya FIFA sepakbola semakin lebih baik dengan disempurnakan berbagai aturan-aturan dalam pertandingan. Pada tahun 1908 sepakbola mulai diikut sertakan dalam perhelatan olimpiade.FIFA juga memualai kejuaran sepakbola antar negara atau yang kita kenal Piala Dunia.
Jadi disebut sepakbola modern dikarenakan ada aturan yang mengatur permainan tidak seperti sepakbola kuno yang tidak mengenal aturan.
Mungkin itu saja yang saya tau mengenai sejarah sepakbola modern apabila ada kekurangan atau menambakan jangan sungkan untuk berkomentar yang kawan. Mudah-mudahan cerita ini bisa bermanfaat bagi kita semua, nantikan juga atrikel tentang SEJARAH PIALA DUNIA tentunya ga kalah menarik heeeeee. Akhir kata saya ucapkan Wassalamm....




5 comments: