Monday, 24 March 2014

Teknik Dasar Permainan Sepakbola

Olahraga.it : Prestasi sepakbola akan diperoleh jika menguasi teknik dasar yang berkualitas. Lalu apa teknik dasar itu......??  “teknik dasar adalah suatu gerakan yang sering terjadi dalam permaian atau pertandingan salah satu cabang olahraga tertentu” contohnya dalam sepakbola. Dalam pertandingan sepakbola dibutuhkan  teknik sepakbola seperti dribbling (menggiring), passing (mengoper), trapping (mengentikan bola), throw in (lemparan ke dalam), heading (menyundul bola), shooting (menembak), dan tendangan chip and volley, karena dengan teknik dasar yang bagus diharapkan pertandingan akan lebih menarik. lihat juga Unsur Kondisi Fisik
Olahraga.it : Prestasi sepakbola akan diperoleh jika menguasi teknik dasar yang berkualitas. Lalu apa teknik dasar itu......??  “teknik dasar adalah suatu gerakan yang sering terjadi dalam permaian atau pertandingan salah satu cabang olahraga tertentu” contohnya dalam sepakbola. Dalam pertandingan sepakbola dibutuhkan  teknik sepakbola seperti dribbling (menggiring), passing (mengoper), trapping (mengentikan bola), throw in (lemparan ke dalam), heading (menyundul bola), shooting (menembak), dan tendangan chip and volley, karena dengan teknik dasar yang bagus diharapkan pertandingan akan lebih menarik.
sumber : inter.it

Kita lihat beberapa penjelasan tentang teknik-teknik dalam sepakbola yang harus dikuasai, yaitu:
1.    Dribbling
Dribbling(menggiring bola) adalah membawa bola dengan kaki dari suatu daerah menuju daerah lain, dengan tujuan menghindari hadangan lawan yang akan merebut bola. Sehingga dribbling termasuk keterampilan dasar dalam permainan sepakbola karena semua pemain harus mampu menguasai bola saat begerak, berdiri, atau bersiap melakukan operan atau tembakan, dribbling bisa dilakukan dengan 3 bagian kaki yaitu : kaki bagian luar, kaki bagian dalam dan menggunakan punggung kaki.
2.    Passing
Passing (menggoper bola) adalah memindahkan bola dari suatu pemain ke pemain yang lain dengan tepat sasaran sehingga mempercepat aliran bola menuju suatu tujuan. Passing atau mengoper bola paling baik dilakukan dengan menggukan kaki, tetapi bagian tubuh yang lain juga bisa digunakan seperti, menggunakan kepala, dada, paha, dan siku kecuali menggunakan tangan itu tidak diperbolehkan.
3.    Trapping
Trapping (mengentikan bola) adalah suatu cara dimana pemain bisa mengontrol keadan bola sehingga bola bisa dengan mudah dikuasai. Trapping terjadi ketika seorang pemain menerima passing atau menyambut bola dan mengontrolnya sedemikian rupa sehingga pemain tersebut bisa bergerak dengan cepat untuk melakukan dribbling, passing atau shooting.
4.    Throw in
Throw in (lemparan ke dalam) adalah melempar bola dengan kedua tangan, posisi bola ada di atas kepala dengan cara mengayaunkan bola dari belakang sampai melewati bagian kepala dan posisi kedua kaki tidak boleh melayang atau terangkat. Lemparan kedalam sendiri dilakukan untuk memulai lagi pertandingan saat bola keluar garis lapangan.
5.    Heading
Heading (menyundul bola) adalah suatu cara memainkan bola yang berada di udara. Menyundul bola dilakukan dengan kepala bagian depan atau jidat, mengapa demikian dikarenakan agar tidak merasakan pusisng.
6.    Shooting
Shooting (menembak) adalah suatu cara menendang bola dengan keras dan kuat sehingga menghasilkan laju bola dengan cepat. Teknik shooting biasanya dilakukan untuk mencetak gol
7.    Chip and volley
Chip (mencongkel bola) adalah suatu cara melambungkan bola keatas yaitu dengan cara dicongkel, sedangkan tendangan volley adalah tendangan yang dilakukan ketika bola melayang diatas tanah. Kedua teknik ini sedikit lebih sulit dilakukan dari pada  menerima bola yang menggelinding ditanah. Seperti menyundul atau menembak bola, penerima bola harus melihat momentum arah melayangnya bola, mengantisipasi waktu datang bola, dan posisi yang tepat, keterampilan ini biasanya dilakukan oleh pemain yang sudah hebat.

Apabila teknik dasar di kuasai maka penerapan formasi akan berjalan lancar, silahkan lihat formasi sepakbola.Nah..dengan kita mengetahui penjelasan di atas, kita sebagai pelatih, pemain dan pencinta sepakbola akan lebih mengerti dan memahami kegunaan teknik-teknik tersebut, kapan teknik tersebut dilakukan dan moment seperti apa?

Apabila kita mencintai sepakbola maka kita harus mengenal dulu sepakbola


5 comments:

  1. Ternyata dengn memahami secara teori juga mampu membantu pemain bola menguasai tekhnik-tekhnik dasar yang dapat membuat seorang pemain bola menjadi handal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali ! Keseimbangan antara teori dan praktek bisa menciptakan skill hebat, jika seperti ini Timnas Indonesia pasti juara

      Delete
  2. Tujuan dan fungsinya dari shooting itu apa ya ?

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Makasih kak buat infonya, tp sayang materi controlingnya g ada

    ReplyDelete