Monday, 14 October 2013

RITUAL PEMAIN SEPAKBOLA SEBELUM BERTANDING



             Bicara tentang sepakbola memang tak akan ada habisnya selalu ada saja hal-hal yang menarik. Dari mulai suporter, pemain, pelatih, manager, masalah teknis, non teknis atau organisasi yang menaunginya,  Asia,eropa, afrika, amerika, semua pelosok alam semesta ini khusnya ditanah air yang kita cintai yaitu Indonesia.  Saat ini saya akan berbagi cerita mengenai pos pemain. Lalu apakah itu...............................?
Yaitu mengenai Ritual Pemain Sepakbola Sebelum Bertanding. Pengalaman saya didunia si kulit bundar saya melihat ada kebiasan-kebiasan yang sangat unik atau bisa dibilang ritual sebelum ber tanding yang di lakukan player tersebut. Ini bukan dilakukan satu atau dua orang pemain tapi hampir banyak meskipun belum tau dari mana asal usulnya bahkan apakah baik untuk tubuh atau kesehatan.
Pertama. pemain yang mengharuskan dirinya begadang malam sebelum bertanding. Mungkin kalau kita begadang malam sebelum bertanding esoknya badan kita akan merasakan lemas tetapi tidak dengan orang ini. Justru pemain ini sepertinya lebih bugar dan sebaliknya ketika tidak begadang badannya akan terasa lemas.
Kedua. minum air sebelum bertanding. Etttt air yang di maksud antara lain air yang di campur garam dapur ada juga air jampe dari embah. Pemain itu sengaja membawa sendiri air jenis tertentu dengan sendirinya.
Ketiga. Pemain terlebih dahulu harus muntah sesaat pertandingan akan di mulai. Pemain tersebut sengaja memuntahkan makanan yang telah dimakan dengan cara dipaksa.
Keempat. tidur bersama dengan sepatu yang akan digunakan saat bertanding. Bahkan sampai sepatunya dipeluk dengan erat-erat meskipun belum dicuci dan harumnya menyengat.
Itu diantaranya meskipun masih banyak yang lainnya. Dari keempat kebiasan  tersebut mungkin tidak masuk akal atau bertentangan dengan ilmu olahraga dan ritual tersebut menjadi kebiasan yang harus di lakukan. Menurut saya itu semua menjadi sugesti bagi pemain bersangkutan sehingga dengan melakukan ritual tersebut pemain menjadi lebih percaya diri. Ini juga tidak bisa dikatakan salah karena mereka bermain dengan baik ketika pertandingan. Ketika pemain tersebut nyaman dengan kebiasan tersebut apa boleh buat meskipun ada yang beresiko mengganggu kesehatannya.
Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan mengenai ritual pemain sepakbola sebelum bertanding. Mungkin rekan-rekan mempunyai info yang lain silahkan sering dan komentar saja di sini okey....follow==> @haryadi_den


1 comment:

  1. terima kasih artikel ini sangat bagus untuk di baca.

    ReplyDelete